News - Progam Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan telah membuka pendaftaran pada Kamis (4/4/2024). Pendaftar PPG Prajabatan akan dibebankan biaya pendaftaran dan seleksi saat mendaftar secaraonline.

Lantas, berapa biaya pendaftaran PPG Prajabatan 2024 dan bagaimana cara bayarnya? Besaran biaya dan cara bayar biaya PPG Prajabatan 2024 sudah dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Informasi tersebut diumumkan seiring dengan pembukaan pendaftaran PPG Prajabatan tahun ini. PPG sendiri merupakan program pendidikan pelatihan untuk mencetak guru-guru profesional bersertifikat.

Program pendidikan dan sertifikasi ini bisa diikuti oleh lulusan sarjana (S1) dan diploma 4 (D4) yang ingin menjadi guru profesional. Pendaftar PPG Prajabatan tidak harus lulusan bidang studi kependidikan.

Lulusan non-kependidikan juga bisa mengikuti seleksi PPG Prajabatan. Nantinya, peserta PPG yang lolos seleksi berhak melanjutkan pendidikan PPG selama dua semester atau satu tahun secara gratis dengan biaya ditanggung pemerintah.

Lulusan PPG juga dapat memperoleh sertifikat pendidik dan status sebagai guru profesional.

Berapa Biaya Pendaftaran PPG Prajabatan 2024?

Pendaftar PPG Prajabatan 2024 perlu membayar biaya pendaftaran seleksi. Besaran biaya pendaftaran PPG Prajabatan 2024 adalah Rp200 ribu.

Biaya pendaftaran PPG Prajabatan dibayarkan saat pendaftar menyelesaikan pendaftaran di situsppg.kemdikbud.go.id. Biaya pendaftaran PPG Prajabatan 2024 bisa dibayarkan lewat transfer bank,Shopeepay, Alfamart, Pegadaian, hingga Pos Indonesia.