News - Puasa yang paling mulia dalam agama Islam, selain Ramadan, ialah puasa Asyura atau disebut juga puasa anak yatim.

Puasa Asyura sangat dianjurkan karena pelaksanaannya hanya setahun sekali di salah satu bulan haram. Bahkan, ibadah ini termasuk salah satu perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah saw.

Sama seperti ibadah siam lainnya, seorang muslim harus membaca niat puasa Asyura terlebih dahulu sebelum menjalankannya. Lalu, apa bacaan niat puasa Asyura yang harus dilafalkan? Kapan puasa Asyura 2024?

Kapan Puasa Asyura Muharram 2024?

Puasa Asyura merupakan ibadah puasa sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan setiap tanggal 10 Muharam tahun hijriah. Waktu tersebut disebut juga sebagai hari Asyura.

Lantas, kapan puasa Asyura 2024? Puasa Asyura 2024 dilaksanakan pada Selasa, 16 Juli 2024. Hal ini karena tanggal 1 Muharam 1446 H bertepatan dengan Minggu, 7 Juli.

Dalil pelaksanaan puasa Asyura pada 10 Muharam dijelaskan dalam sebuah hadis dari Hafshah. Ia berkata: "Ada 4 perkara yang tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi saw., yaitu: puasa Asyura tanggal 10 dan puasa 3 hari setiap bulan serta shalat 2 rakaat sebelum subuh," (HR. Ahmad dan an-Nasai).