News - Dua periode memimpin Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, merentangkan sayap membidikposisi nomor satu di Jawa Barat. Sejauh ini, Bima Arya merupakan satu-satunya orang yangmendeklarasikan diri secara resmi bakal maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Namun,politikusPANtersebutmasihharusbekerjakerassebabparpolbelumsecararesmimemberikantiket.

Hadir di podcast Tirto For Your Politics, Bima membeberkan persiapannya kepada Tirto soalrencana maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Dia yakin sudah memiliki modal cukupuntuk menggaet hati masyarakat Jawa Barat. Pengalamannya 10 tahun menjadi Wali KotaBogordiyakiniBimamenjadimodalbesardarisegipemahamanpolitikdilapangan.

“Ada hal yang lain yang juga jadi modal, yaitu pengalaman 10 tahun menjadi wali kota.Sepuluhtahunyangpenuhdenganpembelajaran.Sayabelajarmendesainprogram,merencanakan program, dan melakukan banyak hal yang enggak ada di buku-buku tekspolitik,”kataBimaAryakepadaTirto.

Bima Arya ingin menghadirkan akses kesehatan yang mudah dan setara bagi masyarakatJabar.Selain itu, dia memandang bahwa persoalan pendidikan di Jawa Barat juga perludibenahi agar banyak anak yang mampu sekolah di tempat-tempat terbaik tanpa pusingterkendalaaturanzonasi.

“Yang ketiga adalah apalagi kalau bukan lakukan pekerjaan, apalagi kalau bukan usaha.Banyak cara dengan memaksimalkan potensi Jawa Barat. Alam Jawa Barat yang luar biasa.PariwisataJawaBaratyangkeren,”ucapdia.

Selain itu, Bima juga membeberkan kriteria calon wakil gubernur yang dia inginkan. Diamenyadari,posisiwakilakansangatmembantukerjaseoranggubernurjikamemangbenar-benar difungsikan sebagaimana tugasnya. Lantas, adakah nama pendamping yangsudahdikantongiBimaArya?Simakpetikanwawancaranyadibawahini:

MaukemanasetelahmenjadiWali KotaBogor?

Insyaallah ke Jawa Barat. Yang pasti udah enggak bisa lagi jadi wali kota karena sudah duaperiode.Jadiharusyanglebihluaslagikewenangannya.

Sejauhmanakomunikasidenganpartaipolitiksaatinisudahdilakukan?

Ada dua hal yang saling mempengaruhi. Yang pertama itu adalah survei atau elektabilitas.Karenainikankitamaumenang.Semuapartaiyamaumenang.Jadikalautiketdikasihkankesatukandidatyaitupastiadahitungannya.

Nah, tapi kalau survei itu bagus tapi komunikasi politiknya enggak bagus dengan pimpinanpartai, maka bisa enggak dapet juga rekomendasi. Jadi dua hal itu penting. Bekerja ke akarrumput, sosialisasi ke warga, dan pada saat yang sama membangun komunikasi denganpimpinan-pimpinanpartai.Ituduakunci,sepuluhtahunyanglalujugabegitu.

SurveikepuasankepadaAndasebagai Wali KotaBogorsekitar84,5 persen.Itusurveidiperkirakan2023akhirkemarin.ApakahAndamelihatinisebagaimodal?

Ya ada dua modal di situ. Yang pertama, penduduk Bogor itu 1 juta jiwa, pemilihnya sekitar800 ribu. Jadi angka yang disebutkan tadi approval rating atau angka dukungan itu kan 84persen. Ya berarti saya sudah punya modal suara di kota Bogor sekitar minimal 600 ribuatau bisa 700 ribu. Ya bagaimana pun itu modal. Jadi ini kampung halaman saya, marketsaya,konstituentradisionalsayayangadadikotaBogor.

Seperti kalau Kang Emil konstituennya ada di kota Bandung misalnya ya. Atau Mas AzwarAnaspunyakonstituennyadiBanyuwangi.Nah,kalausayakotaBogor.Yajelasitumodal.

Tapi kan bukan itu saja. Karena kita bicara 50 juta warga Jawa Barat. Artinya apa? Ada halyang lain yang juga jadi modal, yaitu pengalaman 10 tahun menjadi wali kota. Sepuluh tahunyangpenuhdenganpembelajaran.

Saya belajar mendesain program, merencanakan program, dan melakukan banyak hal yang enggakadadi buku-buku teks politik. Harus komunikasi dengan tentara, dengan polisi,dengan kejaksaan, dengan pengadilan. Kemudian juga menghadapi aksi-aksi, aksi buruh,aksiIslamgariskeras,kemudianpersoalan-persoalanlain.Nah,sayakiraitusangatberharga.

Wansus Bima Arya

Wansus Podcast Bima Arya Sugiarto. (News/Andhika Krisnuwardhana)

KabarnyaPANjugamenyiapkanDesyRatnasaridiJawaBarat?Bagaimanajadinya?

Betul sekali. Jadi Ketua Umum PAN Bang Zulkifli Hasan itu kan menyebutkan dua nama.BimaAryadanDesy Ratnasari. Ya artinya apa? Tergantung nanti dua hal yang sayasebutkantadi.Surveinyagimana,komunikasipolitiknyagimana.

Siapa yang nanti surveinya bagus, dan siapa yang nanti dipinang oleh koalisi, itulah yangakan mendapatkan tiket partai. Jadi saya setuju bahwa di fase ini partai belum definitif satunama.Partaimasihduanama.

BerapapersengambaranelektabilitasAndasekarangdiJawaBarat?

Kalau elektabilitas itu variatif ya tergantung surveinya yang mana. Tapi semuanya polanyasama. Di papan atas itu ada Kang Emil dan Dedi Mulyadi. Selisihnya beda-beda setiapsurvei.Adayangcukupjauhsampai20 persen,adayanglebihkecillagi.

Papan atas itu ada yang angkanya 60 persen, ada yang angkanya 50 persen begitu ya. Kang Emiliniya.KangEmilsamaKangDediMulyadi. Namun, itu papan atas. Nah, di papan tengahnya itu adalah saya dengan beberapa calon yanglain.

Saya baru lihat salah satu survei yang dibahas oleh salah satu partai itu hampir 60 persen lah.Kang Dedi Mulyadinya agak jauh terpaut di situ. Mungkin terpautnya hampir 30 persen lah.Kira-kirabegitu.Nah,tapiituyangsayakatakanpapanatas.

Nah, di tengahnya ada saya, ada Kang Deddy Yusuf, Deddy Mizwar. Nah, itu di papantengahnya begitu kira-kira. Nah, yang lain agak di bawah. Jadi ada 3 layer itu. Makanyakemarin kita declare itu kan penanda untuk kick off. Jadi supaya orang tahu bahwa kitaserius.

Karenabegini,kadang-kadangkanorangitu enggakterpikirkalau enggakadainformasi. Enggak ada informasi. Tapi begitu ada informasi, oh ya udah mendingan dia. Kanbegitu.

Makanya diujinya enggak bisa 1 hari 2 hari. Bulan depan baru kita kelihatan misalnya. Ataubahkan 2 bulan lagi tren tadi. Bisa aja dari 30 menjadi 50. Tapi kemudian elektabilitasnya enggaknaik-naik.