News - Happy Eid Mubarak sering digunakan untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Lantas, apa arti Eid Mubarak dalam Islam dan bagaimana contoh penggunannya untuk ucapan Idul Fitri?

Ucapan selamat Idul Fitri dapat dilakukan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Arab. Selain Eid Mubarak, ada beberapa pilihan untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, salah satunya Taqabbalallaahu minnaa wa minkum yang artinya "Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadhan) kami dan kamu."

Atau Taqabbalallaahu minnaa wa minkum. Taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidiin wal faaiziin. Artinya, "Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadhan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang."

Ada juga Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair. Artinya, “Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadhan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan.”

Kalimat di atas bukan hanya sebatas ucapan selamat. Di dalamnya terkandung doa yang diucapkan bagi kaum muslim lain maupun diri sendiri.

Mencantumkan salah satu dari 3 ucapan di atas dapat dilakukan dengan menambahkannya ke dalam kalimat lain, misalnya "Selamat Idul Fitri. Taqabbalallaahu minnaa wa minkum", atau "Eid Mubarak. Taqabbalallaahu minnaa wa minkum".