News - Pendaftaran SMMPTN-Barat tahun 2024 masih dibuka hingga 20 Juni 2024 mendatang. SMMPTN Barat sendiri termasuk salah satu jalur penerimaan calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) wilayah Barat Indonesia.

Namun, seringkali muncul berbagai pertanyaan dari calon mahasiswa terkait dengan pilihan jalur seleksi masuk perguruan tinggi. Salah satu pertanyaan penting yang biasa ditanyakan yakni apakah bisa mendaftar SMMPTN Barat 2024 menggunakan KIP-Kuliah?

SMMPTN Barat 2024 atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat tahun 2024 ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat.

Melalui program SMMPTN Barat 2024 ini calon mahasiswa baru yang gagal dalam seleksi jalur prestasi (SNBP) dan jalur tes (SNBT) kembali diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur seleksi mandiri.

Adapun pendaftaran seleksi SMMPTN Barat tahun 2024 dapat dilakukan secara online dengan mengakses laman #. Proses seleksi ini dilakukan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di bawah koordinasi dari panitia SMMPTN Barat.

Kendati demikian, bagi peserta yang berminat untuk mengikuti seleksi jalur SMMPTN Barat tahun 2024 diharuskan untuk membayar biaya registrasi dan UTBK yang akan dikenakan pada masing-masing peserta sebesar Rp.375.000.