News - Surat lamaran kerja merupakan dokumen resmi yang disusun oleh seseorang yang tengah mencari atau melamar pekerjaan di suatu badan usaha atau instansi. Tujuan surat lamaran kerja adalah memberikan informasi diri dan pernyataan ketertarikan terhadap lowongan pekerjaan yang tersedia.

Isi dari surat lamaran kerja melibatkan informasi pribadi pelamar, riwayat pendidikan, pengalaman kerja sebelumnya. Di dalamnya juga mencakup pernyataan diri yang menjelasan alasan pelamar dianggap sesuai untuk mengisi posisi yang sedang ditawarkan perusahaan.

Peran utama surat lamaran kerja adalah sebagai bentuk tertulis dari permohonan pekerjaan. Surat ini juga berfungsi sebagai alat komunikasi untuk memberikan informasi mengenai identitas pelamar agar menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam proses seleks.

Selain itu, surat lamaran kerja berperan sebagai bukti historis dari pelamar yang melamar pekerjaan tertentu, serta sebagai panduan kerja yang memberikan informasi dasar.

Unsur Kebahasaan dalam Surat Lamaran Pekerjaan

Unsur surat lamaran pekerjaan mencakup beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan. Unsur surat lamaran kerja salah satunya terkait dengan aspek penggunaan bahasa. Sumiati dalam Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia (2020) menjelaskan unsur kebahasaan dalam surat lamaran pekerjaan sebagai berikut.

a. Bentuk surat yang standar

Surat lamaran pekerjaan harus mengikuti format standar yang umum digunakan dalam surat formal atau surat resmi. Format tersebut mencakup pemberitahuan bahwa pelamar sedang mengajukan diri untuk posisi pekerjaan di instansi atau perusahaan tertentu.

b. Penggunaan bahasa yang baik dan benar

Surat lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Penggunaan bahasa dan kata-kata harus jelas, tidak bertele-tele, untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan baik.

c. Penggunaan kata-kata sopan

Kata-kata yang digunakan dalam surat lamaran kerja harus bersifat sopan, sederhana, dan ringkas. Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja tidak boleh terkesan meminta belas kasihan atau merendahkan martabat pelamar.

d. Penggunaan kata pengantar yang jelas, singkat, padat, informatif, dan tepat sasaran

Isi surat lamaran kerja harus memberikan informasi yang jelas tentang pelamar dan kemampuan kerjanya. Surat harus meyakinkan bahwa bidang atau posisi pekerjaan yang dilamar sesuai dengan kemampuan dan tingkat pendidikan pelamar.

e. Penyampaian maksud surat pada isi surat

Penggunaan kalimat yang jelas dalam melamar pekerjaan, termasuk dalam menentukan jabatan yang diinginkan, menjadi hal penting dalam menyusun surat lamaran pekerjaan.

f. Penggunaan kalimat permohonan pada paragraf penutup

Kalimat penutup surat lamaran berisi harapan dan permohonan kepada pimpinan institusi yang dilamar agar pelamar bisa diterima.

g. Penggunaan penulisan dan tanda baca

Menyusun bagian-bagian surat dengan norma bahasa surat, seperti penulisan unsur hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang.