News - Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya kulit. Banyak penelitian yang telah membuktikan banyak manfaat vitamin C bagi kulit.

Saat ini juga banyak produk kosmetik dan skincare yang mengandung vitamin C baik itu dalam bentuk semprot, gel, atau serum. Hal ini dikarenakan vitamin C merupakan antioksidan dan anti peradangan yang terkenal bisa meningkatkan kesehatan kulit baik dari segi kecerahan, tekstur, kelembaban, hingga menunda tanda-tanda penuaan dini.

Vitamin C bisa juga didapatkan melalui bahan-bahan alami seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Dilansir darilamanVery Well Health, mengaplikasikan vitamin C alami ke kulit secara langsung jauh lebih efektif dan signifikan efeknya dibanding mengonsumsinya.

Manfaat vitamin C untuk wajah

Dilansir dari lamanHarvard Health PublishingdanHealthline, berikut adalah manfaat-manfaat vitamin C untuk kesehatan kulit, terutama kulit wajah.

1. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen berfungsi sebagai pembentuk sel kulit, rambut dan otot manusia sehingga membuat kulit terlihat tetap muda dan lembut. Produksi kolagen secara umum akan menurun seiring berjalannya usia. Oleh karena itu, mengaplikasikan vitamin C ke kulit bisa meningkatkan produksi kolagen tersebut.

Infografik SC Vitamin C untuk Wajah

Infografik SC Vitamin C untuk Wajah. News/Quita

2. Mengurangi lingkaran dan kantung mata

Lingkaran dan kantung mata biasa disebabkan oleh kondisi medis tertentu atau kekurangan tidur. Vitamin C dapat membantu dan mencegah kantung mata dengan menguatkan kulit di daerah bawah mata. Sifat antioksidan dalam vitamin C juga bisa membuat kulit lebih elastis dan kuat sehingga menutup pembuluh darah di baliknya.

3. Menghidrasi kulit

Bagian luar kulit biasanya akan mengering ketika kelembaban kulit menurun atau karena tipe kulit yang kering. Biasanya kulit kering akan menimbulkan gejala seperti gatal, ruam, dan penuaan dini. Vitamin C telah terbukti untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit jadi terlalu kering atau terlalu berminyak.

4. Mengatasi hiperpegmentasi

Hiperpegmentasi ditandai dengan munculnya titik-titik gelap di kulit yang biasanya disebabkan karena paparan sinar UV yang terlalu lama dan pengaruh lingkungan yang menimbulkan stres. Vitamin C sebagai antioksidan alami terbukti mampu melawan titik-titik gelap dan mencegah tanda-tanda penuaan dini karena paparan sinar matahari.

5. Mencerahkan kulit

Vitamin C terbukti bisa membantu meratakan warna kulit, mencerahkan, serta melembutkan lapisan terluar kulit yang akhirnya membuat kulit terlihat jauh lebih muda dan segar. Vitamin C juga terbukti mampu menghambat produksi melanin.

6. Mengencangkan kulit

Sebagai peningkat produksi kolagen, vitamin C juga mampu mengencangkan kulit yang kendur dan membuatnya terlihat lebih segar. Vitamin C efektif untuk mengencangkan kulit kendur yang disebabkan oleh penuaan alami, stres, dan penurunan berat badan yang ekstrem.