News - Kualitas kebersihan udara di suatu wilayah bisa diukur menggunakan indikator pencemaran udara. Indikator pencemaran udara merujuk pada sejumlah parameter dan tanda-tanda yang digunakan untuk menilai tingkat polusi udara.

Lalu, apa saja indikator pencemaran udara? Menurut para ahli setidaknya ada tiga macam indikator pencemaran udara, yaitu indikator secara kimia, fisik, dan biologi.

Melalui interpretasi indikator pencemaran udara, para pemangku kepentingan dapat mengidentifikasi penyebab polusi udara. Selain itu, indikator pencemaran udara juga bisa menjadi dasar untuk mengeluarkan kebijakan terkait lingkungan.

Kebijakan terkait lingkungan penting dirumuskan untuk mengatasi dampak pencemaran udara. Faktanya, pencemaran udara dapat memicu masalah kesehatan yang serius bagi masyarakat.

Tak hanya itu, polusi udara juga menjadi salah satu penyebab utama kerusakan lingkungan dan perubahan iklim.

Apa yang Dimaksud Indikator Polusi Udara?

Menurut Wiederkehr dan Yoon dalam Urban Air Pollution: European Aspect (1998) indikator polusi udara adalah sekumpulan parameter yang relatif kecil namun menggambarkan sejumlah besar polutan udara, dampak kesehatan, dan ekologi yang relevan.

Indikator ini berperan penting dalam memantau dan menganalisis kualitas udara. Hasil dari analisis tersebut digunakan untuk membantu masyarakat, pemerintah, dan ilmuwan, dalam memahami dampak pencemaran udara terhadap ekosistem.

Indikator pencemaran udara biasanya diukur secara kimia, fisik, dan biologis. Artinya, bukti kimia, kenampakan secara fisik, dan efek biologis, dapat menggambarkan kondisi udara secara keseluruhan.

Sebagai contoh, para ahli menggunakan tumbuhan lumut kerak sebagai indikator pencemaran udara secara biologis. Lumut kerak adalah tumbuhan yang sensitif terhadap polusi udara.

Jika terjadi gangguan pertumbuhan pada lumut, udara sekitarnya sedang berpolusi. Tentu selain lumut masih ada banyak jenis indikator pencemaran udara lainnya.

Indikator pencemaran udara merupakan kebalikan dari indikator udara bersih, meskipun sering digunakan secara bersamaan. Indikator udara bersih adalah parameter yang hasilnya menunjukkan bahwa suatu wilayah udaranya belum tercemar.