News - Perbedaan baking powder dan baking soda perlu diketahui terutama bagi mereka yang baru belajar membuat kue. Sebab, di antara bahan-bahan yang seringkali membingungkan adalah baking soda dan baking powder.

Sejatinya, keduanya memiliki fungsi yang mirip, yaitu mengembangkan adonan, tetapi pada kue-kue tertentu, ada yang lebih cocok menggunakan baking soda, atau ada juga yang cocok menggunakan baking powder.

Oleh sebab itu, perlu untuk mengetahui perbedaan antara baking soda dan baking powder agar resep adonan bisa menghasilkan kue dengan racikan yang lembut dan empuk.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Seperti dikutip dari How Stuff Works, baking soda terbuat dari satu zat saja yaitu sodium bicarbonate. Baking soda akan berfungsi jika bercampur dengan zat asam, seperti mentega, yogurt, gula merah, dan cuka. Ketika baking soda berfungsi baik, ia akan melepaskan gelembung karbondioksida yang akan membantu kue mengembang hingga jadi lembut dan kenyal.

Sementara itu, baking powder adalah kombinasi dari sodium bicarbonate dan dua zat asam lainnya, yaitu monocalcium phosphate dan sodium aluminum sulfate. Tambahan dua zat tersebut akan memperpanjang waktu kembangnya kue.

Untuk itu, penggunaan baking powder sebagai ragi adonan kue memberikan tambahan waktu hingga 20 menit sebelum adonan dimasukkan ke dalam oven.

Sedangkan resep kue menggunakan baking soda sebagai ragi harus segera dimasak setelah diadon agar tetap bisa mengembang. Jika terlalu lama di luar, maka hasil kue tersebut akan bantat.

Selain itu, baking soda lebih cocok digunakan untuk kue yang dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang. Sedangkan baking powder, yang memberikan hasil yang renyah pas digunakan memasak biskuit atau kue kering.