News - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memberlakukan tilang sistem poin. Apa itu tilang sistem poin, ketentuan, sanksi, dan kapan berlakunya?

Tilang sistem poin adalah metode penilangan dengan pemberian poin yang berbeda tergantung jenis pelanggaran. Semakin tinggi poin yang diterima pengendara, maka semakin besar pula sanksinya.

Sanksi tertinggi dari tilang sistem poin adalah pencabutan Surat Izin Mengemudi (SIM). Sistem tilang poin akan berlaku kepada seluruh pemegang yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Aturan tilang poin diterapkan sesuai Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penertiban dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Kapan Tilang Sistem Poin Berlaku?

Korlantas Polri tengah mempersiapkan tilang sistem poin agar bisa berlaku dengan baik di Indonesia. Namun, menurut Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen R. Slamet Santoso, tilang sistem poin belum akan berlaku saat ini.

Sistem tersebut belum berlaku karena masih dalam tahap sosialisasi serta trial and eror. Meski begitu, ia kembali menekankan dengan adanya sistem ini dari kepolisian sendiri ingin mendorong pengendara agar lebih bertanggung jawab dalam berkendara.

"Untuk saat ini penindakan dengan poin belum (berlaku) karena masih kami sosialisasi terus dan trial and error alias uji coba," kata Brigjen Selamet kepada wartawan di Jakarta, Selasa (25/6/2024).