News - Aktris Indonesia Beby Tsabina resmi menikah dengan kekasihnya, Rizki Natakusumah pada Minggu (23/6/2024) di Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

Dalam pernikahan itu, salah satu yang menjadi sorotan warganet adalah bridesmaid atau pendamping pengantin yang merupakan sahabat-sahabat pihak perempuan.

Deretan aktris yang menjadi bridesmaid Beby Tsabina adalah Cassandra Lee, Sephora Sievert, Syifa Hadju, Adzwa Aurel, Jovita Karen, Elina Joerg, Rebecca Klopper, Gabriella Eka Putri, Maudy Effrosina, Sarah Menzel, Kiara McKenna, dan Sorn eks CLC.

Di antara nama-nama tersebut ada dua orang yang dipilih menjadi maid of honor pengantin perempuan, yaitu Cassandra Lee dan Sephora Sievert.

Kedua aktris tersebut tampak mengenakan pakaian yang berbeda warnanya. Para bridesmaid lain menggunakan baju warna abu-abu, sedangkan Sephora dan Cassandra mengenakan baju kuning.

Sementara itu, Beby dan Rizki mengangkat budaya Aceh yang merupakan latar belakang adat keluarga Beby untuk prosesi akad nikah mereka.

Beby tampil anggun dalam balutan busana Dara Baro berwarna merah marun dan sunting Aceh, sedangkan Rizki mengenakan setelan Linto Baro berwarna hitam.

Apa Itu Maid of Honor?

Maid of honor atau pendamping pengantin adalah teman terdekat atau anggota keluarga dari pasangan pengantin, sering kali merupakan teman masa kecil atau saudara perempuan.

Peran pendamping pengantin biasanya diberikan kepada satu orang, dipilih oleh pengantin wanita, yang kemudian bertindak sebagai tangan kanan mereka selama proses perencanaan pernikahan.

Istilah "pengiring pengantin" berasal dari tradisi seorang gadis, seorang wanita yang belum pernah menikah, yang tugas atau "kehormatannya" adalah merawat seorang Ratu atau Putri.

Secara tradisional, jika pengiring pengantin belum menikah, mereka disebut "pengiring pengantin utama" atau chief bridesmaid atau maid of honour. Jika mereka sudah menikah maka mereka akan disebut sebagai matron of honour.

Tugas dan peran pendamping bervariasi, semuanya tergantung pada apa yang dibutuhkan pengantin. Beberapa ingin pengiring pengantin mereka menjadi sangat aktif dan terlibat dalam banyak tugas perencanaan pernikahan, yang lain hanya ingin pendampingnya berada di sana untuk momen-momen penting.

Bridesmaid dan maid of honor keduanya merupakan peran penting, tetapi biasanya pengiring pengantin memiliki tanggung jawab lebih dari pengiring pengantin.

Seorang bridesmaid hanya diharapkan untuk menghadiri pesta pernikahan dan membantu pada hari besarnya, sedangkan maid of honor juga merupakan bagian integral dalam menjelang dan merencanakan hari pernikahan.