News - Aplikasi Fake Calculator alias kalkulator palsu sedang ramai diperbincangkan karena digunakan oleh Aris dan Rani di film Ipar Adalah Maut untuk berselingkuh. Lalu, apa itu fake calculator?

Film Ipar Adalah Maut viral di sosial media karena diangkat dari kisah nyata berdasarkan sudut pandang seorang istri bernama Nisa yang harus menghadapi pengkhianatan besar dalam rumah tangga lantaran Aris, suaminya berselingkuh dengan Rani, adik kandungnya sendiri.

Sebelum diangkat ke layar lebar, kisah tersebut sempat viral pada Februari 2024 karena diceritakan oleh konten kreator TikTok @elizasifaa. Cerita itu dirangkum oleh Eliza ke dalam 24 bagian video pendek.

Berselang setahun, sutradara Hanung Bramantyo mengangkat cerita itu ke layar lebar. Film tersebut pertama kali rilis di bioskop Tanah Air pada Kamis, 13 Juni 2024.

Film yang memiliki durasi 131 menit ini tidak hanya tayang di bioskop Indonesia, tetapi juga akan debut di negara tetangga Malaysia, Singapura, dan Brunei pada 20 Juni 2024.

Setelah film itu dirilis, Eliza yang merupakan orang pertama yang mengangkat kisah Ipar Adalah Maut ke publik diundang ke podcast kanal YouTube Denny Sumargo. Dalam kesempatan itu, Eliza mengungkapkan bahwa perselingkuhan antara Aris dan Rani itu terbongkar usai Nisa menemukan aplikasi fake kalkulator di dalam ponsel pintar milik Aris.

“Jadi ada namanya fake calculator, jadi bentuknya itu mirip kalkulator, biasa, jadi kayak aplikasi kalkulator. Nah cara dia buka itu ada empat digit angka, kalau kita masukin missal 1,2,3,4 enternya itu kayak =, masuk ke aplikasi, ke halaman yang berbeda” ucap Eliza dalam kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo tayang Jumat (21/6/2024).

Eliza mengungkapkan pada saat Nisa berhasil membuka fake calculator itu dengan menggunakan PIN yang kerap digunakan Aris, Nisa menemukan banyak foto dan video menjijikan bukti perselingkuhan suami dan adik kandungnya.

Tidak hanya itu, Nisa juga menemukan folder yang berisi aplikasi berkirim pesan Telegram di dalamnya. Aplikasi itu digunakan oleh Nisa dan Rani sebagai sarana komunikasi keduanya untuk berselingkuh.