News - Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Habiburokhman, sempat terjebak di lift Gedung Nusantara I DPR RI yang kembali bermasalah, pada Jumat (14/6/2024). Ia mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.40 WIB.

"Siang ini sekitar jam 12.40 lift Gedung Nusantara I DPR anjlok," kata Habiburohkman saat dikonfirmasi, Jumat (14/6/2024).

Habiburokhman mengatakan insiden itu bermula ketika dirinya bersama beberapa anggota dewan lainnya berada lantai 19 Gedung DPR RI usai salat Jumat. Kala itu, mereka hendak ke lantai 1.

"Saya, Pak Rano Al Faath PKB, Pak Muslim Demokrat serta beberapa Pamdal dan staf selesai salat jumat di Lantai 19 hendak turun ke lantai 1," ucap Habiburokhman.

Ia mengatakan tiba-tiba lift lantai 19 anjlok dan tertulis di layar menunjukkan lantai 14. Lalu, lift tiba-tiba mati.

"Setelah sekian menit baru nyala kembali dan ternyata kami ada di lantai 16," tutur Habiburokhman.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu meminta agar seluruh lift di DPR RI dilakukan pengecekan ulang demi keamanan. Habiburokhman mengatakan akan sangat berbahaya bila insiden itu menimpa orang yang menderita sakit jantung.

"Sangat bahaya kalau kejadian serupa menimpa orang yang punya penyakit jantung," tutur Habiburokhman.

Insiden lift anjlok di Gedung DPR RI bukan kali pertama terjadi. Sebab, kejadian serupa pernah dialami Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI Darori Wonodipuro pada 2021.

Wonodipuro kala itu mengatakan dirinya bersama staf dan Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR RI sempat terjebak dalam lift yang anjlok di Gedung Nusantara I.

Dia mengatakan, dirinya tidak tahu kalau lift berhenti di lantai 13, namun setelah pintu lift digedor akhirnya bisa komunikasi dengan Pamdal yang ada di luar dan memberitahu posisi lift ada di lantai 13.

Setelah itu menurut Darori, dirinya bersama staf dan Pamdal langsung dievakuasi keluar lift untuk diambil tindakan keselamatan.