News - Acara Clash of Champion dari Ruangguru saat ini sudah memasuki episode 4 dan akan beranjak ke episode 5. Setiap pekannya ada dua episode yang dirilis sejak tayang perdana pada 29 Juni 2024 lalu. Kira-kira ada berapakah jumlah tayangan acara ini sampai tamat?

Clash of Champions adalah kompetisi adu kecerdasan yang diikuti peserta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ternama.

Semua peserta dapat dikategorikan mahasiswa berprestasi. Mereka memiliki IPK setidaknya 3,50 hingga sempurna 4.00.

Peserta yang hadir di antaranya berasal dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Andalas (UNAND), hingga Institut Pertanian Bogor (IPB).

Mereka bersama-sama dalam satu tempat untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang diberikan oleh pembawa acara.

Selain itu, pada episode 3 dan 4 lalu, Clash of Champions turut kedatangan peserta yang kuliah di luar negeri dan bintang tamu dari Korea Selatan. Peserta tersebut berasal dari universitas seperti NUS, KAIST, Oxford, Yale, dan sebagainya.

Di sisi lain, Ruangguru turut menghadirkan Heo Seong Beom dari Korea Selatan sebagai guest quiz master. Seong beom adalah lulusan Korea Science Academy yang juga memiliki gelar sarjana berpredikat terhormat dari Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) bidang ilmu komputer.

Seong Beom yang kini melanjutkan studi pascasarjana AI di KAIST tersebut memandu jalannya kompetisi. Ia memberikan berbagai materi soal yang tidak mudah dikerjakan bagi peserta.

Clash of Champions serupa dengan acara University War yang berasal dari Korea Selatan. Meski begitu, Clash of Champions memiliki format yang disesuaikan untuk tayangan lokal. Game show ini mempunyai 50 peserta yang saling berkompetisi.

Clash of Champions akan Tayang Berapa Episode?

Website Brain Academy menyebutkan, Clash of Champions memiliki total tayangan sebanyak 10 episode. Pemutarannya mengikuti kebijakan dari Ruangguru. Selain itu, mulai episode 5 dilakukan perubahan waktu tayang.

Sebelumnya, Clash of Champions hadir dua episode dalam sepekan. Mulai episode 5, penayangannya hanya seminggu sekali dan dimulai lebih awal. Selain itu, ada jeda sehari antara pemutaran di aplikasi dan Youtube Ruangguru.

Episode 5 hadir di aplikasi Ruangguru pada Jumat, 12 Juli 2024, pukul 18.30 WIB. Ada pun penayangan di Youtube Ruangguru dilakukan Sabtu, 13 Juli 2024, pukul 18.30 WIB. Setelah itu, episode 6 dan seterusnya hadir satu pekan sekali hingga tamat.

Pada episode 5 kemungkinan akan ada tim yang tereliminasi. Pada bagian akhir episode 4 ditunjukkan, para peserta memainkan game menebak lukisan. Mereka harus menguasai berbagai seluk beluk lukisan ternama termasuk menentukan lukisan tertua.

Materi game dan kuis di Clash of Champions makin beragam. Setiap peserta dituntut mempunyai pengetahuan dari berbagai disiplin keilmuan.

Cara Nonton Acara Clash of Champions Gratis

Acara Clash of Champions merupakan tayangan gratis yang bisa disimak melalui berbagai platform besutan Ruangguru. Pemutarannya tersedia di platform dan link berikut:

  • YouTube Ruangguru
  • TikTok Ruangguru