News - Membersihkan rumah kerap memakan waktu lama, bahkan tak jarang kita merasa keberatan melaksanakannya.

Namun memiliki rumah bersih, dapat meningkatkan suasana hati yang bagus.

Tak hanya itu, rumah bersih juga dapat menghasilkan pikiran dan jiwa yang jernih serta memberikan manfaat untuk kesehatan dan kebugaran.

Rumah yang bebas dari debu adalah rumah yang menjauhkan allergen, kuman, dan polutan lainnya.

Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat

Untuk menciptakan kondisi rumah bersih dan sehat dengan mudah, Anda perlu perhatikan langkah-langkah jitu berikut ini.

Dikutip dari situs Womans Day, para ahli telah mengungkapkan tips dan trik membersihkan rumah dengan mudah

1. Rapikan dulu

Sebelum Anda mulai bersih-bersih, menggosok, mengepel, hal pertama yang harus dilakukan adalah angkat, dan singkirkan semua benda di lantai.

Menurut Sharon Lowenheim, seorang profesional kebersihan bersertifikat, dengan melakukan duclutter atau merapikan besar-besaran akan membuat pembersihan jauh lebih cepat karena semuanya akan tersimpan dengan rapih.

2. Kumpulkan persediaan

Ketika waktunya bersih-bersih tiba, siapkan satu ember untuk dibawa keliling rumah dengan persediaan aneka produk pembersih, dan Anda bisa membersihkan setiap sudut dengan mudah.

3. Buatlah jadwal

Memiliki jadwal yang rutin dapat memberikan fokus dan menjaga pikiran tetap terkendali. Tidak ada gunanya membersihkan ruangan yang sama secara berulang jika Anda mengabaikan bagian lain dari rumah.

Buatlah tugas pembersihan dalam daftar harian, mingguan dan bulanan. Bersihkan bagian knop pintu, dapur, kamar mandi dan ruang cuci baju setiap hari dengan disinfekstan.

Jangan lupa setiap minggu untuk cuci seprai dan handuk, vakum dan pel lantai, serta bersihkan pancuran dan bak mandi Anda.

4. Bekerja cerdas, bukan bekerja keras

Salah satu alat yang membuatnya bekerja lebih cerdas adalah scrubber putar elektrik tanpa kabel dengan lengan yang dapat diperpanjang. Dengan begitu, Anda dapat membersihkan seluruh area kamar mandi hanya dengan sedikit usaha.

5. Coba metode total

Metode ini adalah dengan membersihkan seluruh ruangan di setiap sisi, bukan hanya untuk satu ruangan pada satu waktu. Lebih efisien dengan memilih satu tugas, misalnya membersihkan debu, atau mengepel.

Dengan berfokus pada satu tugas akan menghemat waktu berjam-jam dalam jangka panjang dan dapat menghindari tugas panjang yang berulang.

Terkadang ketika membersihkan satu ruangan, terlalu fokus sehingga tidak ada waktu untuk ruangan lain. Selesaikan satu tugas seperti membersihkan debu di seluruh rumah, sebelum memulai tugas baru.

6. Membersihkan debu secara menyeluruh

Kemoceng dengan tepi bergerigi dapat membersihkan sebagian besar permukaan rumah Anda. Alat yang mudah digunakan ini, dapat membersihkan bahkan hingga debu terkecil.

Kemoceng model ini umumnya dibuat agar tahan lama, sehingga akan memudahkan Anda membersihkan debu di rumah.

7. Cara membersihkan toilet

Untuk mendapatkan toilet bersih dan berdecit, campurkanlah 1 cangkir soda kue dengan 15 tetes minyak essensial pohon teh dan 15 tetes lemon atau jeruk minyak esensial.

Campur dan biarkan selama 30 menit, lalu gosok dengan sikat sebelum dibilas.