News - Memiliki kulit yang halus dan lembut adalah impian kaum hawa. Apalagi mulai muncul tren glass skin yang dipopulerkan oleh beberapa idol Korea Selatan maupun Jepang.

Gaya hidup merupakan kunci untuk memperoleh kulit sehat, mulus, dan halus bagai porselen ini. Tidak melulu tentang perawatan maha mahal, tetapi ada beberapa cara-cara lain memperoleh kuit yang sehat.

Rutin mengonsumsi makanan yang alami dan minim pengolahan bisa menjadi salah satu investasi untuk kulit yang sehat. Sebab, asupan nutrisi sangat berpengaruh pada kesehatan kulit.

Makanan olahan yang memiliki kandungan garam, gula, dan lemak dapat berpengaruh buruk kepada kulit. Sebagai contoh adalah asupan tinggi gula yang dapat memicu pertumbuhan sebum.

Selain memperhatikan asupan makanan, penggunaan skincare juga harus dioptimalkan untuk memperoleh kulit sehat. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan kulit sehat dan mulus.

1. Gunakan skincare berdasarkan jenis kulit

Masing-masing jenis kulit membutuhkan perawatan dasar yang berbeda. Sebagai contoh adalah kulit kering yang memerlukan kelembapan ekstra. Sementara kulit yang berminyak lebih membutuhkan produk yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

Selain itu, mengetahui jenis kulit dapat membantu Anda menentukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit dan menunjang kulit untuk menjadi sehat dan glowing.

2. Double Cleansing

Double cleansing merujuk pada proses membersihkan make up terlebih dahulu menggunakan produk cleanser seperti micellar water atau cleanser balm. Kemudian dilanjutkan dengan cuci muka menggunakan produk cleansing foam. Hal yang perlu diingat dari bagian ini adalah jangan pernah tidur dengan make up yang menempel tanpa dibersihkan terlebih dahulu dengan double cleansing.

3. Gunakan Sunscreen

Sunscreen digunakan sebagai produk yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan UV. Terpaan sinar matahari dan UV dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Jadi, pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 30 hingga 70 dan lakukan setiap 2-3 jam sekali.

4. Lakukan Eksfoliasi

Setiap hari, kulit selalu menumpuk sel kulit mati. Sel kulit mati yang tidak pernah diangkat akan menumpuk di permukaan kulit dan menyebabkan kulit menjadi kusam. Oleh karenanya, menggunakan produk yang bersifat eksfoliasi sangat penting. Namun perlu diingat bahwa produk eksfoliasi ini mengandung bahan aktif yang dapat mengikis lapisan kulit. Jadi gunakan seperlunya dan pastikan kelembaban kulit tetap terjaga.

5. Gunakan Pelembap

Menjaga kelembapan kulit adalah satu dasar perawatan kulit yang utama. Beautyinsider.sg menganjurkan untuk menggunakan toner atau produk essence yang berlapis agar menjaga kelembapan kulit. Selain itu, threecosmetics.com.my juga menganjurkan untuk menggunakan produk pelembap kulit dua kali sehari pada di pagi dan malam sebelum tidur.

6. Jangan sering menyentuh wajah

Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan dapat meningkatkan potensi berpindahnya bakteri ke wajah yang menyebabkan efek buruk. Ini dapat memicu penuaan dini, jerawat, dan beruntusan.