News - Mesin sepeda motor dapat menjadi panas karena beberapa hal. Mesin yang panas akan menjadi lebih mudah rusak dan hal ini akan menghambat kinerja kendaraan.

Mesin sepeda motor yang cepat panas disebabkan antara lain karena kurangnya perawatan rutin dan penggunaan suku cadang yang tidak asli atau kurang berkualitas.

Laman Astra Motor melansir, mesin sepeda motor panas memiliki ciri-ciri yaitu mesin tidak bertenaga secara tiba-tiba ketika mesin masih menyala. Bahkan, sepeda motor bisa tiba-tiba berhenti dan tidak mau bergerak padahal sudah 'digas' semaksimal mungkin.

Jika terlalu sering terjadi, overheat atau mesin motor terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan mesin itu sendiri. Beberapa kiat dapat dilakukan untuk menjaga agar mesin motor tidak cepat panas.

1. Rutin Mengganti Oli

Oli penting untuk untuk melumasi mesin ketika sedang beroperasi untuk meminimalisir gaya gesekan antarkomponen. Selain itu, oli menjaga suhu mesin tetap stabil. Dengan mengganti oli secara rutin dapat membuat kinerja mesin maksimal dan optimal.

2. Gunakan Oli Berkualitas

Pada buku manual penguna, biasanya pabrik sudah menjelaskan oli mana yang bisa dan paling baik digunakan. Oleh karena itu akan lebih baik jika menggunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.