News - Vitamin B berperan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh manusia. Salah satu Vitamin B yang berguna untuk sistem saraf pusat adalah Vitamin B6.

Vitamin B6 memiliki peran dalam memproduksi neurotransmitter serotonin dan norepinefrin dalam membentuk mielin. Vitamin ini juga dikenal dengan pyridoxine, vitamin B6 adalah vitamin yang larut dalam air.

Vitamin B6 tidak disimpan oleh tubuh melainkan dieksresikan dalam urine sehingga seseorang perlu mengonsumsi Vitamin B6 setiap hari.

Peran lain dari B6, yaitu metabolisme protein dan glukosa, pembuatan hemoglobin, dan membantu meningkatkan kinerja otak.

Manfaat dan Makanan Sumber Vitamin B6

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Vitamin B6 bermanfaat untuk perkembangan otak. Vitamin B6 juga berperan dalam menjaga sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh.

Menurut laman Healthline, berikut manfaat Vitamin B6 untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan kesehatan otak dan dan mengurangi risiko Alzheimer

Vitamin B6 berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit Alzheimer. Selain itu, Vitamin B6 juga bisa menurunkan kadar homocysteine dalam darah yang bisa meningkatkan risiko Alzheimer.

2. Memperbaiki mood dan mengurangi gejala depresi

Vitamin B6 berfungsi untuk pengaturan suasana hati. Lantaran vitamin ini berguna untuk menciptakan neurotransmiter yang mampu mengatur emosi, termasuk dopamin, serotonin, dan asam gamma-aminobutirat (GABA).

3. Mengurangi gejala PMS

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Vitamin B6 berperan dalam mengurangi gejala emosi yang berkaitan dengan PMS. Sebab, Vitamin B6 dapat menciptakan neurotransmitter yang bisa mengatur suasana hati.

4. Mencegah dan mengobati Anemia dengan membantu produksi hemogoblin

Vitamin B6 berguna untuk produksi hemogoblin sehingga vitamin ini bisa membantu mencegah dan mengobati Anemia yang disebabkan oleh kekurangan hemogoblin.

5. Mencegah Arteri tersumbat dan mengurangi risiko penyakit jantung

Dalam satu penelitian juga ditunjukkan bahwa orang dengan kadar Vitamin B6 yang rendah mempunyai risiko hampir dua kali lipat karena penyakit jantung daripada yang mempunyai kadar penyakit jantung lebih tinggi.

6. Membantu mengurangi mual selama kehamilan

Vitamin B6 mempunyai peran penting dalam memastikan kehamilan yang sehat. Kendati begitu, terkait hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Sementara makanan yang mengandung Vitamin B6, yaitu:

  • Hati Sapi
  • Ikan Tuna
  • Ikan Salmon
  • Sereal
  • Sayur Buncis
  • Hewan unggas
  • Pisang
  • Pepaya
  • Jeruk
  • Melon

Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin B6

Vitamin B6 ada di sejumlah besar makanan, tapi seseorang bisa mengalami kekurangan Vitamin B6 jika tidak menyerapnya dengan benar.

Oleh karena Vitamin B6 terdapat di sejumlah makanan, kekurangan vitamin ini jarang terjadi akibat asupan yang tidak memadai, kecuali pada malnutrisi yang parah.

Dilansir dari laman MSD Manual, kekurangan B6 biasanya disebabkan oleh:

  1. Gangguan penggunaan alkohol;
  2. Gangguan penyerapan makanan;
  3. Kehilangan Vitamin B6 selama hemodialisis;
  4. Kekurangan protein dan kalori yang parah.
Sementara gejala akibat kekurangan Vitamin B6, yaitu:
  1. Peradangan kulit;
  2. Ruam merah, berminyak, dan bersisik;
  3. Tangan dan kaki mungkin terasa mati dan tertusuk-tusuk seperti tertusuk jarum;
  4. Lidah dapat terasa sakit dan merah, retakan bisa terjadi di sudut mulut;
  5. Bingung dan mudah tersinggung.