News - Ketika bulan puasa, waktu dan intensitas makan kita berkurang dibanding hari biasanya. Orang yang tidak terbiasa, daya tahan tubuhnya akan berkurang selama berpuasa. Oleh karena itu, menjaga daya tahan tubuh saat puasa merupakan hal penting.

Secara umum, menjaga daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan memberikan asupan nutrisi yang seimbang saat berbuka puasa dan sahur. Penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta mineral yang cukup.

Selain itu, kehilangan cairan selama berpuasa bisa terjadi karena kurangnya konsumsi air. Di sisi lain, aktivitas fisiknya meningkat sehingga menurunkan kadar air dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk minum cukup air saat berbuka dan sahur agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Menjaga daya tahan tubuh saat puasa juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi vitamin. Vitamin apa yang bagus untuk puasa dan vitamin apa yang cocok untuk menjaga daya tahan tubuh?

Rekomendasi Vitamin yang Bagus untuk Daya Tahan Tubuh saat Puasa

Beberapa orang masih bingung saat puasa sebaiknya minum vitamin apa sehingga daya tahan tubuh dapat terjaga. Saat puasa sebaiknya minum vitamin C, vitamin D, vitamin E, Zinc, vitamin B kompleks.

Lantas, produk vitamin apa yang cocok untuk puasa? Dilansir beberapa situs web kesehatan, berikut beberapa rekomendasi vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh saat puasa.

1. RHEA

RHEA adalah suplemen vitamin yang mengandung vitamin B dan C kompleks, komponen penting dalam proses metabolisme, energi, dan kesehatan. Suplemen ini dirancang guna mengendalikan keseimbangan gizi dan mengurangi risiko penyakit

2. Youvit

Youvit merupakan merek vitamin yang populer di Indonesia. Produk ini diklaim mengandung vitamin yang lengkap untuk kebutuhan sehari-hari. Youvit memiliki berbagai produk vitamin, mulai dari multivitamin, omega-3 untuk dewasa dan anak-anak, serta vitamin lainnya.

3. Imboost

Imboost adalah suplemen yang dirancang untuk mendukung sistem imun tubuh atau yang juga dikenal sebagai imunomodulator. Imboost mengandung Echinacea purpurea, yakni tanaman obat yang memperkuat sistem imun dan memiliki efek anti-infeksi. Imboost diklaim dapat membantu mendukung sistem imun tubuh, mencegah penyakit, dan mempercepat pemulihan.

4. Renovit

Renovit adalah suplemen vitamin dan mineral yang berfungsi mencukupi kebutuhan mineral dan menjaga daya tahan tubuh. Renovit mengandung 12 vitamin dan 13 mineral. Vitamin dan mineral tersebut di antaranya vitamin B, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, vitamin D, dan berbagai mineral lainnya yang berfungsi menjaga imunitas tubuh.

5. Stimuno Forte

Stimuno Forte mengandung bahan aktif yang berasal dari tanaman, termasuk tanaman yang memiliki efek anti-infeksi dan memperkuat sistem imun. Suplemen ini bermanfaat memperbaiki sistem imun tubuh, merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak antibodi, dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh bekerja optimal.

6. Hemaviton

Hemaviton adalah merek suplemen vitamin yang dirancang untuk mengendalikan keseimbangan gizi dan mengurangi risiko penyakit. Produk Hemaviton menawarkan berbagai produk vitamin, mulai dari multivitamin, omega-3 untuk dewasa dan anak-anak, hingga vitamin lainnya. Produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan vitamin sehari-hari.

7. Ever E

Ever E adalah suplemen yang mengandung vitamin E, berperan sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, vitamin E dapat meredam efek radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan seluler dan meningkatkan risiko penyakit.

8. Redoxon Effervescent Zinc

Redoxon Effervescent Zinc adalah suplemen yang mengandung vitamin C dan zinc dalam bentuk tablet effervescent. Vitamin C dan zinc yang terkandung dalam produk ini dapat membantu memelihara daya tahan tubuh dan membantu sistem imun. Oleh karena itu, Redoxon Effervescent Zinc bisa menjadi alternatif produk vitamin yang cocok untuk menjaga daya tahan tubuh.

9. Sido Muncul Vitamin C 1000

Sido Muncul Vitamin C 1000 merupakan suplemen yang mengandung vitamin C dalam dosis 1000 mg per tablet. Vitamin C dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan membantu mengatasi penuaan dini. Sido Muncul Vitamin C 1000 dapat dikonsumsi sebagai tambahan pada diet yang sehat untuk membantu memelihara kesehatan tubuh.

10. Blackmores Multi B Performance

Blackmores Multi B Performance merupakan suplemen yang mengandung vitamin B1, B2, B5, B6, B12, H, C, juga Niasin, dalam dosis tertentu. Suplemen ini memiliki banyak khasiat, mulai dari menjaga sistem imun tubuh, membantu mengurangi risiko penyakit hingga memelihara kesehatan kulit dan membantu mengatasi penuaan dini.