News - Kehadiran Hari Raya Idul Adha 2024 dipenuhi kegembiraan bagi umat Islam. Hari penuh keceriaan ini makin lengkap dengan saling berbagai pesan petuah. Jika pesan tersebut diwujudkan dalam bentuk pantun jenaka yang lucu dan menarik, seperti apa contohnya?

Hari Idul Adha diperingati umat Islam seluruh dunia setiap 10 Zulhijah dalam kalender kamariah. Kemeriahannya diawali dengan mengumandangkan takbiran pada malam Idul Adha dan disusul salat Id keesokan harinya. Setelah itu, prosesi penyembelihan hewan kurban dilakukan lalu dibagikan kepada pemberi kurban dan masyarakat luas.

Tua muda, kaya miskin, akan bersatu padu saat Idul Adha untuk menyantap hidangan daging kurban. Tidak semua orang mampu makan daging secara rutin. Hanya saja, di momen Idul Adha inilah kenikmatan makanan bisa dirasakan secara merata di lingkungan yang menyembelih hewan kurban.

Info Hari Libur Idul Adha 2024?

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama telah menetapkan awal 1 Zulhijah 1445 H jatuh pada 8 Juni 2024. Ketetapan ini diputuskan melalui sidang isbat yang dilakukan berbagai elemen pada 7 Juni 2024. Dengan demikian, Idul Adha 10 Zulhijah 1445 H di Indonesia bertepatan dengan Senin, 17 Juni 2024.

Dengan begitu, menurut kalender yang berlaku di Indonesia akan terjadi libur panjang akhir pekan (long weekend) di sekitar hari Idul Adha. Pada 17 Juni 2024 adalah tanggal merah sebagai hari libur nasional. Pemerintah turut menetapkan untuk Selasa, 18 Juni 2024, sebagai cuti bersama.

Libur panjang ini bagi karyawan yang menjalani lima hari kerja dimulai dari Sabtu dan Minggu, 14-15 Juni 2024. Libur selanjutnya disusul pada Minggu dan Senin, 17-18 Juni 2024. Alhasil akan ada empat hari kerja yang didapatkan oleh sebagian karyawan.

Meski begitu, pemberi kerja atau perusahaan tidak wajib menjadikan cuti bersama sebagai hari libur bagi karyawannya. Perusahaan tetap boleh menjadi hari cuti bersama untuk dijadikan waktu kerja.