News - Masalah kependudukan di Indonesia dapat dirangkum ke dalam 10 aspek, mulai dari rendahnya taraf pendidikan masyarakat, ekonomi, kesehatan, hingga kepadatan penduduk.

Salah satu masalah kependudukan di indonesia adalah kepadatan penduduk. Berdasarkan data Worldometers, jumlah penduduk Indonesia per 16 Juli 2023 mencapai 277.534.122 jiwa, terbanyak keempat di dunia.

Kepadatan penduduk di Indonesia bisa menjadi potensi sekaligus tantangan atau permasalahan. Jumlah penduduk menjadi potensi apabila dikembangkan serta didayagunakan dengan baik. Namun, menjadi permasalahan apabila hal itu tidak ditindaklanjuti untuk pembangunan nasional.

Mengapa permasalahan kependudukan tersebut dapat terjadi? Permasalahan kependudukan dapat terjadi di antaranya karena belum meratanya pembangunan sumber daya manusia oleh pemerintah.

Permasalahan yang muncul akibat ledakan penduduk adalah meningkatnya pengangguran, kesehatan masyarakat menurun, taraf pendidikan menurun, yang kemudian bisa berdampak pada tingginya angka kriminalitas.

Maka dari itu, diperlukan kesadaran dari seluruh pihak baik pemerintah atau masyarakat. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan melakukan pembangunan secara merata.

Apa Saja Masalah Kependudukan yang Terjadi di Indonesia?

Pemerintah di Indonesia tentu telah melakukan berbagai langkah peningkatan sumber daya manusia. Kendati demikian, permasalahan kependudukan masih banyak terjadi di Indonesia. Berikut ini beberapa masalah kependudukan di Indonesia 2023:

  1. Taraf pendidikan rendah
  2. Banyaknya penduduk miskin
  3. Tingkat kesehatan rendah
  4. Persebaran penduduk tidak merata
  5. Pertumbuhan penduduk tinggi
  6. Besarnya jumlah penduduk
  7. Tingginya perkawinan di bawah umur
  8. Banyaknya pengangguran
  9. Rendahnya asupan nutrisi
  10. Tingginya tindak kejahatan